Rabu, 08 Februari 2012

10 hiu teraneh-terunik di dunia

1. Hammerhead Shark / Ikan Hiu Kepala Martil atau Palu

Ikan-Hiu-Kepala-Martil-palu-Hammerhead-Shark
Kita telah sering melihat jenis ikan hiu yang satu ini. Hiu martil adalah pendatang baru di dunia ikan hiu. Menurut ilmu pengetahuan, kepala martil mereka yang aneh akibat evolusi 50 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan tidak mengetahui secara pasti fungsi dan manfaatnya. Namun ada prediksi, jika bentuk kepala seperti ini adalah untuk membantu sensor indra penciuman agar menemukan makanan dalam jarak yang lebih jauh.

2. Goblin Shark / Ikan Hiu Setan-Hantu

Ikan-hiu-setan-hantu-Goblin-SharkIkan-hiu-setan-hantu-Goblin-Shark-2
Hiu ini jarang kita temui karena hidup ribuan meter di bawah permukaan laut. Goblin Shark memiliki kulit yang semi-transparan yang memberikan mereka warna merah muda. Ada bagian yang aneh di kepalanya dan dipercaya oleh ilmuwan sebagai sistem electro-receptor untuk mengarahkan mereka pulang kembali ke rumah sehabis berburu karena tidak adanya cahaya di dasar laut.

3. Thrasher Shark / Ikan Hiu Pemukul

Ikan-Hiu-Pemukul-Pencambuk-Thresher-Shark
Dengan panjang sekitar 6 meter (dominan panjang ada pada ekornya), Hiu ini memiliki badan multifungsi untuk membunuh mangsanya, mulai dari gigi hingga ekor. Para ilmuwan meneliti jika hiu ini memiliki cara berburu yang khas, yaitu dengan berenang dan mencambukkan ekornya hingga mangsanya terkapar. Bangkai-bangkai mangsanya sekaligus dijadikan tanda jalan pulang sang hiu

4. Frilled Shark / Ikan Hiu Berumbai

Ikan-hiu-berumbai-belut-Frilled-Shark
Adalah salah satu jenis ikan hiu yang jarang terlihat karena hidup di laut dalam, meski terkadang mereka tertangkap juga oleh para nelayan. Ada rumor yang mengatakan jenis hiu ini adalah evolusi awal dari seluruh evolusi ikan hiu.

5. Spined Pygmy Shark / Ikan Hiu dengan Tulang belakang terkecil

Ikan-Hiu-Terkecil-terpendek-Spined-Pygmy-Shark
Merupakan ikan hiu terkecil dari semua keluarga hiu dengan panjang maksimum hanya sekitar 30 cm. Hiu ini merupakan kerabat dekat Hiu Lentera yang memiliki jaringan bioluminescent photophores di bagian tengah tubuhnya, diperkirakan berfungsi untuk menyamarkan diri dari predator dan mangsanya.

6. White Whale Shark / Ikan Hius Paus Putih

Ikan-Hiu-Putih-Albino-Paus-White-Whale-Shark
Jenis hiu bule (albino) dengan panjang sekitar 9 meter ditemukan oleh penyelam di kepulauan galapagos pada bulan Agustus 2008. Hiu ini dapat tumbuh hingga sekitar 20 meter dengan bobot hingga 10 ton.

7. Saw Shark / Ikan Hiu Gergaji

Ikan-Hiu-Gergaji-Saw-Shark
Hiu gergaji ini memiliki posisi insang yang unik, biasanya insang ikan hiu berada di samping lehernya, tapi hiu ini memiliki posisi insang di bawah tubuh mereka. Gaya hidup ikan hiu ini mirip dengan ikan todak/ikan pari.

8. Greenland Shark

Ikan-Hiu-Greenland-Shark
Kadang dikenal sebagai hiu penidur, namun dibalik itu hiu ini adalah hiu mematikan seperti sepupu mereka si Great White. Pernah ditemukan didalam perut mereka sisa-sisa tubuh dari beruang kutub, dan pernah terlihat menyambar mangsanya yang berada di darat karena terlalu dekat dengan tepi air. Identiknya hiu ini adalah buaya laut.

9. Megamouth Shark / Ikan Hiu Mulut Lebar

Ikan-Hiu-Mulut-Besar-lebar-Megamouth-Shark
Hiu ini diasumsikan jenis hiu yang menghubungkan ikan hiu (basking sharks) dengan ikan paus dalam rantai evolusi hiu. Tumbuh hingga 6 meter dengan bobot sekitar 2,5 ton dan memiliki photophores di bagian mulutnya yang dapat memancarkan cahaya.

10. Whorl-tooth Shark (Helicoprion)

Ikan-Hiu-Fosil-purba-Whorl-tooth-Shark-Helicoprion'
Diatas telah dibahas mengenai hiu gergaji yang memiliki moncong mirip gergaji, Helicorpon pun identik dengan saw shark yang memiliki moncong gergaji. Helicorpon termasuk dalam hiu yang telah punah dan hanya di temukan dalam bentuk fosil. Gambar hanya ilustrasi yang dibuat oleh ilmuwan, bukan kondisi sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar